Cara Memanaskan Mesin

  1. Apa gunanya memanaskan kendaraan bermotor ?
    Kendaraan bermotor sebaiknya tidak langsung digunakan ketika dalam kondisi dingin, ada baiknya dipanaskan terlebih dahulu. Memanaskan mesin merupakan bagian dari perawatan kendaraan. Pada sebagian kendaraan terdapat indikator lampu berwarna biru pada speedo meter yang menandakan mesin dalam kondisi dingin. Berikut kegunaan memanaskan kendaraan bermotor

    Manfaat dan Cara Memanaskan Mesin - Emotiv.xyz
    Sumber : https://pixabay.com/en/vehicle-chrome-technology-193213/


    a. 
    Untuk memaksimalkan pembakaran bahan bakar
    Setiap mesin kendaraan memerlukan bahan bakar yang berbeda. Baik itu premium maupun solar. Apabila mesin dalam keadaan dingin, maka bahan bakar dan udara tidak akan tercampur sempurna pada mesin, pada umumnya rasio perbandingan antara udara dan bahan bakar adalah 1:14,7 (1 liter bahan bakar baiknya bercampur dengan 11.500 liter udara).
    Bila pembakaran tidak sempurna, maka akan menimbulkan gelitik pada mesin atau pada umumnya orang menyebutnya dengan sebutan “Banting Klep”.


    b. Untuk melumasi seluruh bagian mesin

    Fungsi pelumasan mesin ini sangat penting, diantaranya untuk mengurangi aus pada bagian bagian yang bergesekan seperti gear bergesekan dengan gear dan lain sebagainya. Apabila kendaraan tidak digunakan beberapa jam, maka pelumas sudah turun dan tidak membasahi bagian bagian penting pada mesin kendaraan bermotor. Dengan kata lain, memanaskan mesin untuk melumasi secara merata untuk menghindari kerusakan pada mesin.


  2. Kapan kendaraan harus dipanaskan terlebih dahulu ?
    Kendaraan mesti dipanaskan setelah beberapa jam tidak digunakan, panaskan mesin hingga indikator warna biru pada mesin mati.
  3. Dimana tempat untuk memanaskan mobil ?
    Sebaiknya mobil dipanaskan diluar ruangan, hal ini dikarenakan pada gas buang kendaraan bermotor mengandung kandungan berbahaya bagi tubuh, diantaranya adalah gas karbondioksida (CO2) , gas karbon monoksida (CO) dan timbal. Oleh sebab itu sebaiknya memanaskan kendaraan di luar ruangan agar panas akan langsung terbuang ke udara dan tidak berbahaya bila terhirup.
  4. Berapa lama memanaskan kendaraan bermotor ?
    Idealnya untuk memanaskan kendaraan bermotor adalah 1 sampai 3 menit, dikarenakan pada mesin motor tahun tinggi sudah tidak perlu dipanaskan terlalu lama. Tidak perlu di gas dan juga tidak perlu terlalu lama untuk mengantisipasi pemborosan bahan bakar. Terlebih lagi apabila terlalu lama dipanaskan, akan berimbas pada knalpot. Apabila knalpot terlalu panas, maka akan merusak cat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memanaskan Mesin"

Post a Comment